Character Building "Kematangan Intelektual"

22.15 / Diposting oleh Character Building Job /


A.Pengertian Kematangan Intelektual
Adalah salah satu bagian dari beberapa karakter yang harus dimiliki oleh coalon pendidik yang bertujuan agar calon pendidik memiliki kemampuan berpikir kritis dalam proses belajar dan mengajar, sehingga seorang pendidik dapat memiliki pengalaman yang mendalam dan menyeluruh dalam mengembangkan materi pembelajaran.

Akan di jelaskan tentang pengertian intelektual :

Intelektual secara bahasa adalah “cendekiawan”, dilihat lebih kata intelektual dapat diartikan arif dalam bahasa Indonesia . kata arif itu berarti cerdik pandai , bijaksana, berilmu. Dalam bahasa arab intelektual adalah orang yang berakal, orang yang mengetahu, berbudaya, akal pikiran.

Intelektual menurut istilah adalah anggota masyarakat yang mengabdikan dirikepada pengembangan gagasan orisinal dan terlibat dalam usaha-usaha intelektual kreatif.

Intelektual adalah cerdas, berpikir, dan berpikiran jernih berdasarkan ilmu pengetahuan serta mempunyai kecerdasan tinggi dan cendikiawan.
Pendekatan dalam memberikan definisi mengenai intelegensi, yaitu :
a.) Pendekatan yang melihat factor-faktor yang membentuk intelegensi itu, yang sering disebut dengan pendekatan factor atau teori factor. 
b.) Pendekatan yang melihat sisi proses intelektual itu sendiri, yang sering dipandang sebagai teori orientasi proses.
Menurut L.L Thurstone,intelegensi umum mencakup 7 kemampuan yang dapat dibedakan dengan jelas, yaitu :
1. Untuk menjumlahkan, mengurangi, membagi dan mengalihkan.
2. Menulis dan membaca dengan mudah 
3. Mengerti dan memahami makna kata yang diucapkan memperoleh kesan akan sesuatu
4. Mampu memecahkan persoalan dan mengambil pelajaran dari pengalaman lampau
5. Dengan tepat dapat melihat dan mengerti hubungan benda dalam ruang

B. Ciri orang yang memiliki kematangan intelektual:

1. Mampu berpikir secara baik dan benar
2. Memahami secara mendalam Sesuatu permasalahan 
3. Mempunyai keterampilan dan ilmu pengetahuan yang mendalam
4. Kemampuan bernalar dan berpikir
5. Senang mempelajari kamus maupun peta dan ensiklopedi
6. Mampu membedakan pertanyaan yang signifikan dengan pertanyaan sepele.
7. Mudah menangkap pelajaran.

C. Upaya saya untuk meningkatkan kematangan intelektual.
• Aktif di Organisasi atau unit kegiatan mahasiswa di Kampus.
• Membaca Buku pengetahuan, agar saya lebih mendalami tentang ilmu yang saya pelajari tersebut.
• Mengikuti diskusi di kelas, maupun di forum yang bisa meningkatkan kemampuan berintelektual terhadap diri saya pribadi.
• Mencari pengetahuan dari perpustakaan, internet, koran maupun majalah yang bisa meningkatkan kemampuan saya didalam berintelektual.
D. Manfaat yang saya rasakan.
Saya mendapatkan pengetahuan/wawasan intelektual tidak hanya sewaktu saya belajar saja, tetapi saya juga mendapatkan pengetahuan/wawasan intelektual dari buku atau dari Internet, juga dari teman-teman yang sering melakukan diskusi bersama. Dan saya berharap saya bisa menjadi seorang intelektual muda, dan bisa menjadikan orang lain memiliki kematangan intelektual.


0 komentar:

Posting Komentar